Tuesday, March 6, 2012

Premium Japanese Bread @Pan Ya Bakery Jakarta


 Let’s Eat (Good) Bread @Pan-Ya


Memilih roti bergaya Japanese Bread di Jakarta, saat ini tentu bukan perkara sulit. Dengan semakin meningkatnya tren Asian Bakery di Indonesia, khususnya di Jakarta, Bakery  berkonsep Asian Bakery pun banyak bermunculan. Tren Asian Bakery yang berkembang di Indonesia meliputi Taiwanese, Chinese, Japanese dan Korean Bread.

Salah satunya, yang mengusung tren Japanese Bakery adalah Pan-Ya Bakery.

Hadir di hampir semua jaringan Food Hall di mall - mall ternama di Jakarta, membuat Pan-Ya menjadi salah satu Japanese Bakery yang cukup dikenal oleh masyarakat ibu kota. Pemilihan bahan baku yang berkualitas tinggi menjadikan Pan-Ya sebagai salah satu Premium Bakery di Indonesia.

Pemakaian Fresh Yeast Dan Tanpa Bahan Pengawet

Sajian beragam roti di Pan-Ya selalu tersaji fresh. Ini terbukti dari aroma dan citarasa roti yang bisa dibuktikan sendiri. Pemakaian fresh yeast menjadi berita baik bagi penyuka olahan beragi. Pemakaian fresh yeast akan mempengaruhi aroma roti (lebih harum dan natural) serta sangat bagus diterapkan pada pembuatan soft bread, karena mampu membantu kerja gluten secara lebih intens, sehingga serat roti akan lebih halus dan seragam. Tentunya, pemakaian tepung terigu berprotein tinggi di kisaran 14%-16% pun, juga mempengaruhi kelembutan dan keseragaman granular serat roti yang dihasilkan, ketika roti matang. Tepung terigu berkadar protein 14%-16% belum tersedia di pasar Indonesia secara retail. Jika ingin mendapatkan tepung terigu berprotein 14%-16% (sekelas Komachi Flour Jepang), harus melewati supplier-supplier tepung terigu di Indonesia.


Beragam Varian Roti Ala Okayama Jepang Di Pan-Ya Bakery

Beragamnya pilihan roti di Pan-Ya, memang terlihat sederhana. Tidak banyak topping seperti halnya jenis roti Taiwan. Tapi, di Pan-Ya anda akan mendapatkan citarasa roti otentik Okayama yang sangat baik dari segi kualitas rasa maupun tekstur. Semua produk roti di Pan-Ya Bakery di pantau oleh sang Master Chef, Mr.Kawakami dari Okayama, Jepang secara berkala. Sehingga, kecenderungan menurunnya kualitas produk akan sangat minim sekali.

Beberapa varian roti bahkan memiliki isian yang sangat melimpah. Sebut saja Okayama An Pan dengan limpahan isi pasta kacang merahnya maupun Fuji San, dengan isian kismisnya. Hal ini sesuai dengan kesukaan masyarakat Jepang, yang lebih menyenangi isian yang banyak pada rotinya serta citarasa serat roti yang kadangkala bercampur dengan isian rotinya.



MATCHA MELON PAN

Melon Pan merupakan salah satu jenis roti favorit warga negara Jepang, yang dijual di hampir seluruh Bakery di Jepang. Melon Pan dibuat dengan inspirasi buah melon, yang memang merupakan buah yang paling difavoritkan oleh masyarakat di Jepang.

Melon Pan hadir dengan pemakaian topping yang menyerupai tekstur cookies, renyah tetapi mudah lumer di mulut ketika dikunyah. Di Pan-Ya, selain Melon Pan yang original, hadir juga varian Matcha Melon Pan. Matcha atau ekstrak teh hijau dalam bentuk bubuk memang merupakan salah satu ingredient yang menjadi ciri khas kuliner Jepang. Matcha Melon Pan tersaji dengan baik. Serat rotinya halus, granular seratnya seragam dengan aroma matcha yang intens. Meskipun terdapat taburan gula kastor pada toppingnya, jangan khawatir. Tidak ada jejak manis berlebih ketika menyantap Matcha Melon Pan ini.



FUJI SAN

Tampilan Fuji San memang unik. Sangat eye catchy ketika pertama kali melihatnya dalam jejeran rak-rak kayu minimalis di antara beragam varian roti lainnya, yang ada di Pan-Ya. Dari nama dan bentuknya, memang akan langsung mengingatkan kita pada gunung Fuji yang sangat terkenal itu. Tidak salah, karena Fuji San memang lahir dari inspirasi Master Chef, Mr. Kawakami terhadap gunung Fuji. 

DI dalam kawah Fuji San, anda akan menemui kejutan isian kismis yang lembut dengan citarasa khasnya yang manis asam. Topping Fuji San memakai selai Raspberry yang segar. Lelehan white chocolate di bagian luar Fuji San memberi sensasi manis creamy khas cokelat putih. Serat rotinya pun terbilang cukup memuaskan. Tidak lengket ataupun kempes. Ketika dikunyah, aroma roti yang natural pun tercium, berbaur dengan kesegaran isian dan toppingnya. Rasa manisnya pun terbilang cukup/tidak terlalu manis.



OYAKI CHOCO

Simple food does taste better!

Jangan terkecoh dengan penampilannya yang sangat sederhana itu. Sekilas memang tidak terlihat seperti roti pada umumnya. Tapi,jangan khawatir. Serat roti nya masih tersaji secara apik. Terbilang masih halus dengan rongga roti rapat, tetapi tidak lengket ketika dikunyah. Ciri dari roti yang dibuat dengan teknik yang benar dan pemakaian bahan yang masih natural.

Isian cokelat filling yang lembut dan kepingan kacang Almond yang harum dan krispi, merupakan kejutan yang menyenangkan ketika menyantap Oyaki Choco. Meskipun isiannya adalah cokelat, jangan harap anda akan menemukan roti bercitarasa manis pekat. Karena, isian cokelat fillingnya terbilang sedang manisnya. Rasa cokelatnya memang cukup pekat, meninggalkan jejak after taste sedikit pahit. Sepertinya Pan-Ya menggunakan cokelat filling berkualitas tinggi.


OKAYAMA AN PAN

 Dari namanya, karakter roti ini bisa langsung mudah ditebak. Okayama, berarti roti ini merupakan produk roti otentik dari kota Okayama, Jepang. An Pan berarti roti dengan isian pasta kacang merah.

Ketika di santap, Okayama An Pan memang roti isi kacang merah. Filling kacang merahnya bisa dibilang banyak. Lebih banyak isian nya daripada proporsi rotinya. Bagi anda penyuka pasta kacang merah khas Jepang (Azuki red beans), Okayama An Pan bisa menjadi pilihan untuk masuk dalam daftar belanja roti anda.

Bentuknya pun cukup unik, seperti jambu ataupun lonceng. Warna permukaan kulit roti juga memberi nilai tambah untuk keseluruhan karakter dari Okayama An Pan, karena sangat menggugah selera.




CUSTARD CREAM PAN

Bentuknya yang simple, khas roti ala Indonesia dengan warna permukaan roti cokelat keemasan yang menggugah selera, bisa jadi alasan pertama ketika anda memilih untuk membeli Custard Cream Pan.

Tapi, citarasa yang ditawarkan roti ini patut dijadikan sebagai alasan utama. Aroma roti yang natural tercium jelas ketika mulai ingin disantap. Filling custard cream yang ada di dalam roti tersaji dengan teknik yang benar.

Custard cream pan memakai custard cream yang dibuat sendiri (homemade), bukan dari pabrikan. Sangat jelas terlihat pada tekstur custard yang lembut, warna kuning muda yang cenderung mendekati putih dengan aroma vanilla yang natural. Custardnya memang memakai biji vanilla asli. Pemakaian biji vanilla asli terlihat dari butiran-butiran super kecil biji vanilla, yang tersebar merata pada custardnya. Custard cream pan adalah salah satu bukti bahwa Pan-Ya menggunakan ingredients berkualitas tinggi. (Dee)



Foto : Dee
Tulisan : Dee


No comments:

Post a Comment