Tuesday, March 6, 2012

Cheese Cake Talk

 A SLICE OF CHEESE CAKE




Pada dasarnya, saya bukan cheesecake lover. I prefer simple Vanilla Cake using vanilla diplomat creme (Pastry Cream+Cream) or mixed of creme au beurre with chantilly. Off course with that fat moist of vanilla bean, just scrape it out and use it to infuse the milk (to make creme patissier/pastry cream) or added while making creme au beurre… yum! I love Vanilla.

Tapi, sometime i crave for cheesecake too. 

Walaupun bisa dibilang  jaraaaaang bgt. setahun 1-2 x. Dan, saya lebih memilih untuk membuatnya sendiri, karena everybody @ home can eat it too! Jadi, seringkali saya lah penyebab runtuhnya iman ber-diet keluarga saya (yg memang terlahir dengan tulang besar … hikss … )





Well, anyway ... secara kandungan kalori dan lemaknya tinggi bgt, eat wise so you can indulge it with no guilty feeling. Sajikan dengan Mixed Fuits Coulis (potongan buah2an segar + fruit coulis/fruit sauce) untuk penyeimbang gizi.






Cheese Cake 

Ingredients :

Cheesecake Crust :

250 g Cookies, haluskan
150 g Unsalted Butter, lembekkan/cairkan

Cheese Batter :
650 g Cream Cheese
185 g Sugar
10 g Vanilla Extract
3 telur
1 kuning telur
25 g Cornflour/tepung maizena
250 g krim kental
*Loyang yang digunakan adalah loyang ring yang bagian bawahnya bolong, tutup bagian bawah dgn plastik wrap dan lapisi dengan alumunium foil 2-3 rangkap supaya gak bocor / terkena air au bain marie
*Bisa juga menggunakan loyang bongkar pasang. Pilih saja yang mana yg paling mudah dan cocok dlm aplikasi di rumah masing2

Method :

Cheesecake Crust (Lapisan bawah Cheesecake) :


1. Campur semua bahan crust, Tuang ke dasar loyang, ratakan sambil ditekan tekan .
2. Dinginkan di chiller/kulkas

Cheesecake Batter (Adonan Cheesecake) :
1. Dalam Mixing bowl, campur cream cheese dan sugar. Beat dengan Paddle attachment sampai adonan lembut. Jangan lupa selalu scrape bagian sisi bowl supaya cream cheese tercampur rata.
2. Masukkan eggs dan eggyolk, beat speed rendah hingga tercampur rata.
3. Tambahkan Cornflour dan krim kental
4. Beat hingga semua adonan tercampur rata.
5. Tuang adonan cheesecake
6. Bake Au bain Marie suhu 140-150C selama 55 menit atau sampai matang

TIPS
*Selalu pakai Cream Cheese yang hard (merk contoh : Anchor/Elle & Virre atau Philadelphia (cuma Philadelphia udah jarang ada di TBK sekalipun, harus pakai supplier . Tingkatan rasa cream cheese dari yang paling strong- medium strong-medium : Philadelphia-Anchor-Elle Virre)
Jangan gunakan light cream cheese (contoh merk:Yummy) untuk membuat cheese cake, karena light cream cheese terlalu soft. Light cream cheese lebih cocok dijadikan campuran filling sandwich/dipping, campuran sauce etc atau untuk dessert (dicampur buah2an tambah butter crumble etc) - Yang tidak melalui proses pemasakan terlalu lama.
*Au Bain Marie itu double boil methode. Jadi memanggang dengan bantuan air di bawah loyang. Coba googling dan buka youtube u lebih jelasnya.
*Cheesecake yang sudah matang, gak boleh dikeluarkan dulu dari loyang. Dinginkan suhu ruang kira-kira 1 jam trus dinginkan di kulkas 12jam-semalaman (24 jam) supaya cheesecake set dan gak ancur ketika dikeluarkan dari loyang.



Mucho gracia :) 
Happy Baking,


Dee

(All photos by Dee)

No comments:

Post a Comment